iklan

Adsense Indonesia

Followers

iklan

recent comment


"
sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya

"

Read More »

untuk membuat akar di java dibutuhkan class Math. class Math dapat meliputi diantaranya trigonometri,pembulatan, dan logaritama.

akarkuadrat.java

public class akarkuadrat

{

public static void main(String args[])

{

int a=64,b=25;

double hasil,hasil2;

hasil = Math.sqrt(a);

hasil2 = Math.sqrt(b);

System.out.println(hasil);

System.out.println(hasil2);

}

}

hasilnya

8

5

latihan kedua kita akan membuat rumus pitagoras dimana a kuadrat = b kuadrat + c kuadrat. contoh sederhana nya anggap variable b sebagai tinggi dimana variable b berisi nilai 4 dan c berisi nilai 3.

pitagoras.java

public class pitagoras{
public static void main(String args[])
{
int b=4,c=3;
double a;
a = Math.sqrt(b*b+2*2);
System.out.println(a);
}}
Read More »

untuk membuat kalkulator sederhana di java.pertama yang harus dilakukan adalah mengimport terlebih dahulu import javax.swing.JOptionPane untuk menginputkan suatu nilai

import javax.swing.JOptionPane;
class abcd{
double a,b;
double c;
String lambang;

void operasinilai( ){
if(lambang.equals("+"))
{
c=a+b;
System.out.println("hasil penjumlahan ="+a+lambang+b+"="+c);
}
if(lambang.equals("-"))
{
c=a-b;
System.out.println("hasil pengurangan ="+a+lambang+b+"="+c);

//hasil output pengurangan
}
if(lambang.equals("*"))
{
c=a*b;
System.out.println("hasil perkalian ="+a+lambang+b+"="+c);
}
if(lambang.equals("/"))
{
c=a/b;
System.out.println("hasil pembagian ="+a+lambang+b+"="+c);
}
}

public static void main(String args[])
{

// membuat objek baru
abcd x=new abcd();

//untuk menginput bilangan
String bil1=JOptionPane.showInputDialog("masukan bilangan1:");

String bil2=JOptionPane.showInputDialog("masukan bilangan2:");
String bil3=JOptionPane.showInputDialog("masukan operasi:");
// konversi string to double
x.a=Double.parseDouble(bil1);
x.b=Double.parseDouble(bil2);
x.lambang=bil3;

x.operasinilai();
System.exit(0);
}

}



Read More »

Bahasa pemrograman Java mendefinisikan delapan tipe data primitif. Mereka diantaranya adalah boolean (untuk bentuk logika), char (untuk bentuk tekstual), byte, short, int, long integral), double and float (floating point).

1. boolean (logika)

Tipe data boolean diwakili oleh dua pernyataan : true dan false. Sebagai contoh adalah

boolean result = true;

Contoh yang ditunjukkan diatas, mendeklarasikan variabel yang dinamai result sebagai tipe data boolean dan memberinya nilai true.

2. char (karakter)

Tipe data character (char), diwakili oleh karakter single Unicode. Tipe data ini harus memiliki ciri berada dalam tanda single quotes(’ ’). Sebagai contoh,


‘a’ //Huruf a
‘\t’ //A tab


Untuk menampilkan karakter khusus seperti ' (single quotes) atau " (double quotes), menggunakan karakter escape \. Sebagai contoh,


'\'' //untuk single quotes
'\"' //untuk double quotes


Meskipun String bukan merupakan tipe data primitif (namun merupakan suatu Class),kita akan memperkenalkan mengenai pada bagian ini. String mewakili tipe data yang terdiri atas beberapa karakter. Mereka tidak termasuk tipe data primitif, melainkan suatu class. Mereka memiliki literal yang terdapat diantara tanda double quotes(“”).
Sebagai contoh,


String message=“Hello world!”

3. Integral (angka)


Tipe data integral dalam Java menggunakan tiga bentuk- yaitu desimal, oktal atau heksadesimal. Contohnya,


2 //nilai desimal 2
077 //angka 0 pada awal pernyataan mengindikasikan nilai oktal
0xBACC //karakter 0x mengindikasikan nilai heksadesimal


Tipe-tipe integral memiliki default tipe data yaitu int. Anda dapat merubahnya ke bentuk long dengan menambahkan huruf l atau L.

4. Float

Tipe Floating point memiliki double sebagai default tipe datanya. Floating-point literal termasuk salah satunya desimal point atau salah satu dari pilihan berikut ini,
E or e //(add exponential value)
F or f //(float)
D or d //(double)
Contohnya adalah,
3.14 //nilai floating-point sederhana (a double)
6.02E23 //A nilai floating-point yang besar
2.718F //A nilai float size sederhana
123.4E+306D //A nilai double yang besar dengan nilai redundant D
Pada contoh yang ditunjukkan diatas, 23 setelah E pada contoh kedua bernilai positif.
Contoh tersebut sama dengan 6.02E+23.


Read More »


Komentar adalah catatan yang ditulis pada kode dengan tujuan sebagai bahan
dokumentasi. Teks tersebut bukan bagian dari program dan tidak mempengaruhi jalannya
program.
Java mendukung tiga jenis komentar : C++ style komentar satu baris, C style beberapa
baris, dan komentar javadoc khusus
4.3.1. Penulisan Komentar C++ Style
Komentar C++ style diawali dengan //. Semua teks setelah // dianggap sebagai komentar.
Sebagi contoh,
// This is a C++ style or single line comments
4.3.2. Penulisan Komentar C Style
Komentar C-style atau juga disebut komentar beberapa baris diawali dengan /* dan diakhiri
dengan */. Semua teks yang ada diantara dua tanda tersebut dianggap sebagai komentar.
Tidak seperti komentar C++ style, komentar ini dapat menjangkau beberapa baris. Sebagai
contoh,
/* this is an example of a
C style or multiline comments */
4.3.3. Komentar Khusus javadoc
Komentar javadoc khusus digunakan untuk men-generate dokumentasi HTML untuk
program Java Anda. Anda dapat menciptakan komentar javadoc dengan memulai baris
dengan /** dan mengakhirinya dengan */. Seperti Komentar C_style, dapat juga
menjangkau beberapa baris. Komentar ini juga dapat terdiri atas tag-tag untuk
menambahkan lebih banyak informasi pada komentar Anda. Sebagai contoh,
/**
This is an example of special java doc comments used for \n
generating an html documentation. It uses tags like:
@author Florence Balagtas
@version 1.2
*/


Read More »

sekarang kita akan mencoba membuat program java pertama kali dengan menggunakan text editor gel. langkah - langkah :
1. klik file -> new pilih java files tekan ok lalu setelah itu beri nama program java sesuai yang kita inginkan. misalnya Hello.java klik save
2. buat skripnya

public class Hello
{
public static void main(String[] args)
{
System.out.println("hello ini adalah skrip java pertama kita");
}
}

catatan : nama class harus sesuai dengan file .java misalnya class Hello harus sama dengan nama file Hello.java

3. kemudian kita kompile tersebut dengan cara klik build-> compile file. bila tidak ada yang eror lanjutkan dengan proses ke 4
4. klik build-> run file


Penjelasan skrip

public class Hello

menandakan nama class yaitu Hello. Dalam Java, semua kode seharusnya ditempatkan di dalam deklarasi class. kita melakukannya dengan menggunakan kata kunci class. Sebagai tambahan, class menggunakan access specifier public, yang mengindikasikan bahwa class kita mempunyai akses bebas ke class yang lain dari package yang lain pula (package merupakan kumpulan class-class).

public static void main(String[] args)

mengindikasikan nama suatu method dalam class Hello yang bertindak sebagai method utama. Method utama adalah titik awal dari suatu program Java. Semua program kecuali applet yang ditulis dalam bahasa Java dimulai dengan method utama. Yakinkan untuk mengikuti kaidah penulisan tanda yang benar.

System.out.println("Hello world!");

menampilkan teks “Hello World!” pada layar. Perintah System.out.println(), menampilkan teks yang diapit oleh tanda double pute (“ ”) pada layar.






Read More »

biasanya flashplayer di ubuntu tidak langsung terinstall. bagi yang ingin install flashplayer secara manual dapat dilakukan dengan cara :
1. download langsung dari situsnya adobe.com klik disini
2. ekstrak file yang sudah didownload
3. klik file flashplayer-installer lalu klik run in terminal
4.
tekan y, untuk memulai instalasi. Kemudian q untuk berhenti
5. kemudian buka broswer firefox anda,untuk mencoba menjalankan animasi flash pada browser

catatan : pada saat menginstall flash player diharapkan browser anda dikleuarkan

Read More »

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner





Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

FEEDJIT Live Traffic Feed